Ke Taman Safari Bogor Sekarang Bisa Naik Bus Transjakarta dari Blok M - Aston Ciloto Puncak

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan bus rute Pasaraya Blok M, Jakarta menuju Taman Safari Indonesia, Bogor.

Bus medium untuk rute wisata ini menggunakan operator PO Big Bird. Keberadaan angkutan massal tersebut diharapkan dapat meminimalisir kemacetan di Jalur Puncak, Bogor pada setiap akhir pekan

Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam membuka akses menuju destinasi wisata di kawasan Puncak.

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan, tingginya volume kendaraan pribadi merupakan salah satu penyebab kemacetan di kawasan Puncak. Oleh karenanya, pemerintah terus berupaya mencari solusi menyelesaikan masalah kemacetan.

“Salah satu solusinya dengan menyediakan layanan angkutan massal supaya masyarakat mau berpindah dari kendaraan pribadi,” kata Bambang saat peluncuran bus rute Jakarta-Taman Safari Indonesia, Bogor, Minggu (29/9/2019).

Bambang mengakui, mengajak masyarakat berpindah dari kendaraan pribadi ke angkutan massal bukan pekerjaan mudah. Namun, hal tersebut penting dilakukan.

“Kita sadar mengajak masyarakat berpindah dari kendaran pribadi ke angkutan massal tantangannya cukup berat. Ini tidak hanya sebatas mengubah lifestyle atau gaya hidup namun juga mindset dalam bertransportasi,” terang Bambang.

Karena itu, BPTJ menawarkan layanan angkutan umum massal yang mampu bersaing dengan kenyamanan kendaraan pribadi. Dengan layanan ini, masyarakat tidak harus repot turun naik kendaraan atau pun membeli tiket masuk ke lokasi wisata.

Contohnya ketika berwisata ke Taman Safari Bogor, masyarakat dapat memanfaatkan paket perjalanan bus dengan tarif sebesar Rp 400 ribu per orang. Tarif itu sudah termasuk tiket perjalanan pulang pergi, tiket masuk Taman Safari, dan makanan ringan.

“Kita berharap masyarakat dari Jakarta dan sekitarnya yang hendak berwisata ke Taman Safari untuk memanfaatkan layanan angkutan umum massal,” kata dia.

Direktur Blue Bird Sigit Djoko Soetomo mengatakan, transportasi massal rute wisata ini bukan kali pertama. Sebelumnya sudah dioperasikan bus tujuan wisata ke Bandung dan Yogyakarta.

“Ke objek wisata di Puncak baru ini. Kalau ke wilayah lain sudah berjalan setahun,” kata dia.

Ia menambahkan, untuk tujuan Pasaraya Blok M menuju Taman Safari tersedia 10 sampai 20 unit kendaraan. Namun, jenis kendaraan yang digunakan tergantung jumlah penumpang.

Layanan ini beroperasi setiap Sabtu dan Minggu. Bus mulai berangkat mulai dari Pasaraya Blok M sekira pukul 06.00 WIB.

“Kalau di bawah 15 orang kita pakai mikro bus seperti Hi Ace, sedangkan 20-25 orang menggunakan bus medium,” kata dia.

Sementara, Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manangsang mengatakan, peluncuran bus rute wisata ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa untuk meminimalisir kemacetan di Puncak. Sehingga bisa menjadi contoh objek wisata di tempat lain.

“Masyarakat yang menggunakan layanan transportasi ini juga tidak harus perlu antri membeli tiket di loket,” kata dia.

error: Content is protected !!
× How can i help you?